Sabtu, 30 April 2011

Karena Cinta Tak Harus Memiliki (Part 3 - The Meaning)

nah ini part ke 3 dari cerpan ku, semoga gak jelek ya.. XD hehe...
kalo ada masalah sama bagian terakhirnya jangan khawatir, karena cerita ini bakal lanjut ke buku 2.
akan diterbitkan per bagian. jadi tunggu aja ya.. ^^


Nicko,, kok loe tau gue disini.. ?” tanyaku lalu mengusap mataku dengan sapu tanganya.
“Udah lah, gak penting.. ada berita bagus buat kamu..” katanya lantas terseyum.
“Apa?”
“Kamu menang di pensi kita…”
“Ah, makasih..” jawabku polos.
“Kok gak seneng? Kamu tadi dicairiin gak ada, teryata disini..
“Hmmh, aku sebenernya ikut pensi bukan karena mau dapet penilaian..” Ceplosku, entah kenapa rasanya aku tak dapat menahan kata kata yang aku pikirkan.
“Lho? Terus buat apa?? Mau ngeksis ya??”
“Hah? Siapa juga..” Jawabku sambil tersenyum kecil.
“Eh, udah sore lho.. ayo aku anter pulang..” ajaknya ramah sambil mengulurkan tanggannya.

Aku menerima ajakannya untuk pulang. Entah kekuatan apa yang menarikku, padahal aku masih ingin disini. Aku menaiki mobilnya yang berwarna nge-jreng itu, saat ia menjalankan mobilnya, aku menikmati angin sore dan pantulan cahaya matahari di sungai yang sangat indah itu. Aku yakin, semua orang yang datang kesini dapat menenangkan jiwa.. untuk itulah aku datang kesini..

“Kamu ngapain disana tadi?” Tanya Nicko sambil mengemudi.
“Oh ngga, Cuma ngelamun aja..” Jawabku polos
“Ngelamun kok sampe nangis sih?”
“suka suka aku lah…” jawabku ketus.
“Iya iya, jangan ketus lah. Kan aku Cuma nanya” Guraunya.

Akhirnya sampai juga di rumah.. setelah berterimakasih sama Nicko, aku masuk ke dalam. Di dalam ada mama yang sepertinya mengetahui si Nicko.

“Kamu dari mana aja? Jam segini baru pulang..”
“Ngga dari mana mana kok ma..”
“Kamu main ya sama cowo itu tadi?” Tanya mama curiga.
“Mama curigaan banget sih.. orang kalo dia gak nyusul aku paling aku juga belum pulang..” jawabku sembari bejalan menuju kamar.
“Emang kamu dari mana?”
“Kali…” Jawabku sambil masuk ke kamar dan menutup pintu. Terdengar ocehan mama yang masih penasaran dengan kejadian tadi.

Hari ini aku capek banget dengan keadaan yang ada. Aku hanya bisa tersenyum kecut jika mengingat kejadian itu..

mungkin gak sewajarnya juga aku marah. Bukankah aku sudah menolak Raka di depan Dewi? Dan Dewi berhak penuh untuk jadi pacarnya?
Semua pernyataan itu ada benarnya. Tapi entah kenapa aku merasa terhianati dari pesahabatan ini. Sahabat yang dulunya menjadi pelindungku, ternyata memiliki banyak rahasia. Jika mereka berkata jujur atas semua yang ada, mungkin aku juga gak sampai jadi seperti ini. Bukankah sahabat adalah orang yang bisa dipercaya? Lalu kenapa masih bermain rahasia segala.. aku tak habis pikir..
Aku memutar lagu lagu di MP3 ku, untuk sekedar menenangkan pikiran yang gundah ini. Tiba tiba pintu kamarku diketuk..

“Rani..” panggil mama.
“Apa ma?” balasku sembari berjalan membukakan pintu.
“Mau ikut gak?” ajak mama
“Emang mau kemana?” tanyaku sambil bersandar di daun pintu.
“Kita ke mall, mama mau beli sesuatu nih..”
“Ah, enggak ah ma. Aku capek” Tolaksu sambil menguap.
“Oh, yaudah. Kamu jaga rumah ya.. ati ati.. mama pegi dulu” Pamit mama. Aku hanya bisa melempar senyum dengan wajah lelah.
Sekitar 1 jam setelah mama pergi, HPku berbunyi. Ada telefon dari nomor yang gak dikenal. Weh, siapa ya? Aku ragu untuk mengangkatnya.

“Hallo?”
“Hey, ini Nicko!”
“Lho,,! Kamu dapet nomor HPku dari mana?” Tanyaku kaget.
“Gak penting.. aku mau Tanya nih,,”
“Tanya apa? Kok suaranya berisik banget?”
“Kamu besok ada acara gak? Aku lagi diluar ini”
“Ngggggg…… ngga ada sih kebetulan. Kenapa?”
“Besok..-“ suaranya terputus, malah terdengar suara ibu ibu sama barang barang jatuh. Ujung ujungnya telepon terputus.. aku cuma bisa merengut di depan layar HPku dengan muka tidak mengerti.

***

“Hei..!” Sapa seseorang di belakangku sambil menepuk bahuku. Aku terkejut dibuatnya.
“Eh..!! Loe ngagetin aja, adaapa sih?” Tanyaku jutek ke Nicko. Entah kenapa aku jadi lebih akrab dengannya, sampai aku gak sadar pake bahasa Loe-Gue.
“Wui.. bahasanya santai juga sekarang..” Godanya.
“Apaan sih lu..” Balasku sambil melanjutkan berjalan ke arah kantin.
“Nanti malem, Loe ada acaa gak?” Tanya Nicko sambil memotong jalanku sehingga aku bisa melihat jambulnya dangan jelas.
“Ngga ada,, emang kenapa?”
“Kalo gitu, aku undang kamu buat makan malam sama aku. Harus ikut..”
“Nggak ada kata tapi..! jam 7 loe gue jemput..” ujarnya saat aku akan membantah dan ia pergi gitu aja.
Sigap juga tuh anak, baru aja buka mulut udah tau apa yang mau gue omongin. Sebel juga, padahal dia kan gak tau kalo jam segitu gue gak boleh keluar. Ish,,
Lalu aku melanjutkan perjalananku ke kantin.

Setelah memesan makanan, aku duduk di kursi favoitku. kursi berwarna oranye dan meja putih itu mengingatkanku pada Dewi,, tapi sekarang, tak ada yang menghiburku di waktu luang. Aku memasang MP3 yang sudah aku siapkan untuk antisipasi saat saat seperti ini. Tapi, itu juga gak cukup buat ngusir kesendirianku. Aku iri melihat anak anak yang dengan gampangnya ketawa lepas kaya gak ada beban, sementara aku disisni Cuma ditemanin music yang lama kelamaan juga nge-bosenin. Tapi disisi lain, aku juga gak bisa nerima gitu aja perlakuan mereka…
Musik sudah membawa pikiranku melayang, entah aku berada di mana. Aku hanya betopang dagu di kantin, sementara pikiranku sudah terbang bebas di langit biru.
KRRIIINNGGGG….!!
Bel tanda masuk membuyarkan lamunanku. Aku bergegas ke kelas bersama murid murid lainnya yang terburu buru. Walaupun makananku sisa separuh,, nafsu makanku tiba tiba saja hilang.

Waktu pulang, aku berniat jalan ke rumah sambil memikirkan bagaimana caranya aku bisa keluar nanti malam. Aku sengaja ngga nemun si Nicko buat nebeng,, eh, kan dia yang nebengin aku.. soalnya kalo aku nemuin dia, pasti sepanjang jalan, dia Cuma ngebahas tentang acara nanti malam.
Aku berjalan dengan mendekap beberapa buku yang gak muat di tas.. walaupun pandanganku ke trotoar, namun pikiranku kosong. Aku gak bisa memikirkan apa apa walaupun aku ingin. Sampai di sebuah tikungan aku terkejut karena tertabak seseorang.. aku terjatuh bersama buku buku yang aku bawa.

“Aduuuhh..” rintihku. Tapi aku bau sada kalo aku gak luka sama sekali. Jadi kaya orang bego..
“Ehh.. Maaf Maaf..! Gue gak sengaja” Kata seseorang yang menabrakku sambil mengulurkan tangannya.
“Enngg..engga papa kok, gue baik baik aja” Jawabku sambil meneima uluran tangannya. Dan aku segera mengambil barang barang yang berserakan.
“Maaf ya,, gue lagi keburu-buru. Gue dari SMA Yudhistira. Kalo loe?” ujarnya sembari memberikan beberapa kertasku yang ia kumpulkan tadi.
“Gue dari SMA Sastra Negara, kenapa?” Ujarku sambil menerima kertasku dan berdiri.
“Cuma tanya, berarti sekolah kita deketan dong”
“Iya juga sih,, emang kamu buru buru? Kenapa gak cepetan??” tanyaku.
“Oh iya ya..! yaudah, bye..! Sorry lho..!!” teriaknya sambil berlari menjauhiku.

Agak sumpek juga sama anak itu, meski dia tampil keren, tapi yang ngebuat bosen itu kabar gak sedap dari temen temen. Sekolahku sama sekolah tuh anak katanya punya masalah, gak tau perkara apa. Yang jelas semua bilang gitu, baru baru ini aja ada bentrok juga.
Ah, bodo amat. Ngapain gue pikirin tentang itu. Mending cepet pulang terus tidur deh..

***

Suatu malam, aku bebincang bincang dangan Dewi. Kami tertawa bersama kaena lelucon yang kami buat. Namun sesuatu yang tak terduga terjadi. Sebuah mobil melaju kencang dan menabrak Dewi dari belakang, ia tersungkur di jalan sementara mobil itu terus tancap gas.
Aku terkejut setengah mati, bahkan aku tak bisa pecaya apa yang aku lihat saat ini. Tak ada orang disana, hanya ada aku sendiri. Dewi sudah mengeluarkan darah terus menerus, sementara aku hanya tercengang dan seakan akan mau pingsan. Lalu aku mendengar suara

“Ran,, Rani..!!” Panggil seseorang disana.

Tak lama aku bangun dan tersandar bahwa itu hanyalah sebuah mimpi. Aku melihat mama yang sudah duduk di sebelahku.

“Kamu belum ganti baju kok sudah tidur.. ayo mandi sana, udah jam 5” Perintah mama.
“Iya maaahh…” Jawabku. Aku sangat bersyukur karena mama sudah membangunkan aku. Jika tidak, ntah apa yang terjadi.

Jam menunjukan pukul 7 kurang 10. Aku merasa ada yang kurang, apa ya? Apa Cuma perasaanku aja?. Aku mencoba bepikir sambil berdiri terenung di ruang makan. Lalu tak lama, HPku berbunyi. Ada telefon dari Nicko, kenapa ya?

“Halo? Kenapa?” tanyaku.
“Udah siap belum?” ucapanya sontak membuatku terkejut karena baru ingat.
“Aduhh..!! gimana ya..” jawabku sambil menepuk jidat.
“Kamu harus dateng. Nanti jam 7 aku jemput. Bye” seketika itu telepon terputus.

Gimana nih, udah jam segini, aku mau pake baju apa pula.
Aku bergegas ke kamar dan memilih baju, semua yang ada di dalam lemari aku acak acak. Yang membuatku heran, ketika mama masuk malah sikapnya biasa biasa aja, tumben banget tuh. Biasanya udah ngomel kalo gak bertanya Tanya.
Jam udah menunjukan pukul 7 pas. Aku udah nemuin baju yang sekiranya pas. Secara aku gak pernah ke acara resmi.
Bel berbunyi, tanda Nicko udah dateng. Gila amat tuh bocah! Jam 7 persis udah dateng. Kaya kereta aja..

“Kok loe cepet banget sih loe nampenya?” Tanyaku tekejut.
“Emang kenapa? Gak boleh kah?” Balasnya sinis dan langsung masuk ke dalam umah tanpa ijinku. Bahaya nih kalo sampe mama tahu.
“Eh..Eh..! kok loe pake masuk masuk segala sih. Bahaya tau ngga..!!” Peringatku sambil menarik jaketnya ke belakang.
“Mungkin buat loe bahaya, tapi..” Dia berbalik badan dan menatapku “Buat gue, nggak sama sekali” dia menarik jaketnya dari genggamanku dan berbalik lagi membelakangiku. Baru saja ia berbalik, aku sudah dikejutkan dengan kemunculan mama.

“Lho” Ujar mama kaget. Widih..! mati aku..
“Kenapa te?” jawaban yang satu ini agak ngebuat aku bingung
“Kok cepet banget datengnya. Kan tante belum siapin hidangan sederhana buat kamu” Ujar mama dengan senyum yang mengembang.
“Gak usah repot repot kok, saya cuma mau..”
“Wait..!!” Ujarku meminta perhatian. “Kalian ini punya hubungan apa sih? Aku udah merinding di depan, tapi kalian ternyata kenal”
“Oh, jadi gini lho Rani,, Nicko ini anak dari sahabat mama. Sekarang mama jarang ketemu sama oang tuanya Nicko, soalnya mereka kerja di luar negeri. Nah, ceritanya mamanya Nicko ini nitipin dia ke mama.
“Jadi… ah, pusing..!” Gerutuku.
“Yaudah te, kita berangkat dulu” Pamit Nicko.
“Hati hati ya..” Jawabnya.

Selama d dalam mobil, aku Cuma menekuk wajahku. Sementara Nicko terus aja cerita gak jelas.

“Eh, kok diem aja sih?”
“Gak usah Tanya Tanya…! Nyetir aja yang bener.. kalo nabrak awas loe..”
“Yaelah.. ngga mungkin lah. Emang loe ada apa??”
“Loe kok gak cerita sih kalo loe kenal mamaku? Jadi ceritanya yang ngenalin lo eke gue itu Dewi Cuma bohong?”
“Ya enggak lah, dia itu sahabat aku. Kalo masalah aku gak cerita, aku gak mau nambahin surpirise buat loe aja”
“Maksud loe?”

Bukannya malah ngejawab, dia malah senyum penuh maksud dan memacu mobilnya lebih kencang. Ihh.. mimpi apa sih aku ketemu nih anak..
Gak lama, kita sampai di rumahnya Nicko. Ada paduan classic untuk desain exteriornya. Jadi keliatan umah orang kaya. Padahal kalo dimataku sih, sama aja kaya anak yang suka pinjam pinjam bolpoin pas di sekolah.

“Kita turun disini” Ujarnya. Lalu ia mengantarku ke pintu masuk.
“Untung aja..” Desahku.
“Kenapa” Tanya Nicko seketika.
“Ah, ngga apa kok”. Sebetulnya aku lhawati juga sama baju yang aku pakai. Takut gak match sama acaranya. Tapi untung aku pake gaun malam yang sederhana ini. Jadi bisa dibilang gak jauh jauh amat.
“Emang mau apa sih?” tanyaku.
“Liat aja..” Ujarnya sambil membuka pintu masuk ke rumahnya.
“Waw.. bagus banget..” Gumamku pas masuk ke rumah Nicko. Tapi pandanganku tertuju ke dua orang yang sepertinya aku kenal. Aku masih belum bisa meliat mereka secara keseluruhan, karena Cuma ada cahaya dari belakang mereka yang menerangi.
“Mungkin loe kenal mereka” Ujar Nicko. Beberapa detik kemudian, lampu tempat kami berdiri menyala. Dan aku bisa mengenali siapa mereka.
“Hei Ran… udah lama gak nyapa loe..” Ujar Dewi.
“Lho,, Dewi..” aku seakan tidak percaya akan apa yang aku lihat. Disampingnya ada Raka, ia hanya terseyum kepadaku. Entah kenapa saat ini, aku ngerasa bahagia..
“Kok kalian ada disini?” tanyaku lalu berbaur dengan mereka.
“Kita ada urusan..” Jawab Raka dengan senyum yang mengembang.
“Emang sama gue? Masalah apa nih? Seru gak?” Tanyaku sumringah. Tiba tiba aku merasa jadi kaya orang bodoh dan langsung menunduk.
“Maksud gue, kalian mau ngajak gue kemana gitu kah atas jadian kalian? Atau kita pesta?” Ujarku mengelak sembari tersenyum bodoh”
“Loe itu.. bukan lah, kita Cuma mau minta..” Kata Dewi
“Oh, ngga usah..!” Potongku dengan terkejut. “Aku gak papa kok, beneran. Ya awalnya sih gue emang merasa terhianati. Tapi.. rasa persahabatan kita gak akan bisa terkalahkan oleh masalah apapun. Percaya deh..” Jawabku dengan senyum tulus, jadi gak keliatan bodo bodo banget gitu.
“Tapi..” Sela Raka.
“Gak ada tapi tapi-an..!” Bentakku sembari meunjuk ke arah Raka yang membuatnya memundurkan wajahnya.
“Yah,, saying banget..” Ujar Dewi.
“Kenapa?” Aku langsung menoleh ke dia.
“Padahal kita mau ngadain makan malem bersama.. Tapi loenya nolak.. yah, kita makan sendiri aja yuk..” lalu ia berbalik ke meja makan di belakangnya.
“Eits…! Tunggu,, itu tadi pengecualian”.

Sekali lagi aku merasa menjadi orang bodoh di sini. Tapi entah kenapa, aku udah gak bisa benci lagi ke mereka. Apa mungkin karena gue emang ngeliat mereka dari ketulusannya ya?. Emang sih, temen yang tulus ke kita, bisa susah untuk dilupakan. Sekalipun kita mencoba untk menjauhi mereka, suatu saat kita semua gak bisa lari dari kenyataan. Well, walaupun masih agak gimana juga ngelihat mereka berduaan. Tapi setidaknya aku masih berharga di hadapan mereka.

“Oh iya Ran. Loe pas pensi nyanyi buat siapa?” Tanya Raka
“Iya nih, gue penasaran” Sambung Dewi berpura pura bodoh.
“Ehhh.. ada dehhh…” Jawabku sembari melirik Dewi. Lalu kami tertawa bersama. Meskipun terlihat gak wajar. Sementara Nicko dan Raka gak ngerti apa apa.
“Jangan bengong..! makananya enak lho..” Ujarku
“Makasih..!!” Balas Dewi
“Lho kenapa?” tanyaku
“Kan gue yang masak.. hahaha”
“Huu.. tumben gak gosong.. haha” ujarku sembari menimpuk kepala Dewi dengan sendok makan yang kebetulan aku pegang.
Seketika itu juga gelak tawa memecah keheningan malam di ruang ini.
Keesokan harinya, aku tak lagi membutuhkan MP3 atau majalah lagi. Karena sahabatku-sahabatku telah kembali kepadaku, aku tak kesepian lagi dan tak ingin untuk merusaknya kembali. Yaa,, meskipun aku ada gimana gitu kalo mereka deket. Tapi seperti yang sudah aku bilang, aku gak akan penah merusak hubungan ini walau apapun yang terjadi, karena aku tahu jika sahabat akan ada disaat kita sedih maupun senang. Maka itulah yang disebut sahabat sejati.

“Eh, barang loe ada yang jatuh Ran” peringat Raka.
“Hah? Apa??” tanyaku kaget.
“Nih, kartu apa itu?”
“Oh, bukan apa apa kok..” Jawabku sambil menak kartu itu dari tangan Raka.

Aku tekejut saat melihat siapa yang ada di dalam kartu itu. Kenapa dia lagi yang muncul…




SELESAI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komentar ya :)