Rabu, 15 Juni 2011

Apa ada aksara asli Indonesia?

Pernah gak Pertanyaan ini terlintas di benak kalian? Mungkin selama ini kita hanya mengetahui aksara alphabet latin yang sudah melekat di bahasa kita. Atau mungkin juga mengetahui aksara luar yang berupa UNICODE? Semisal hangul, hiragana, katakana atau yang lainnya? Eits..! jangan salah, Indonesia juga punya lho aksara asli. Apa itu?

Indonesia memiliki beberapa aksara asli. Diantaranya Aksara Jawa, Aksara bali, Aksara Lampung, Aksara Rencong dsb. Namun kali ini kita akan membahas aksara jawa yang kebetulan saya mengerti. (kalo bahas yang lain takut salah & kenapa kenapa ^^”).

Aksara Jawa terdiri dari 18 huruf, dan 18 pasangan. Huruf pasangan biasanya digunakan untuk mematikan vokal pada huruf sebelumnya. Letaknyapun bermacam macam, ada yang d bawah huruf tersebut, maupun di samping huruf itu. Selain itu, ada 5 huruf vokal (A,I,U,E,O) yang digunakan untuk menuliskan bahasa asing. Belum berhenti sampai itu aja, aksara jawa juga punya huruf besar. Namun jumlahnya tidak mencapai 18, saya lupa jumlah pastinya, namun huruf ini (biasa disebut aksara murda) digunakan untuk menuliskas nama seseorang.

Aksara Jawa sudah diakui UNICODE (lembaga dalam naungan UNESCO yang menangani standar kode aksara pada komputer di dunia).   Aksara Jawa ini didaftarkan Ki Demang Sokowaten (Yogyakarta) pada 9 September 2007, dan diakui UNICODE mulai 2 Oktober 2009 atau bersamaan pengakuan UNESCO terhadap Batik.  Dengan pengakuan itu, kini kita dapat memasukkan aksara Jawa ke dalam ’font’  komputer kita.

Berikut ini adalah beberapa kata yang ditulisakan dalam aksara jawa:
  1. Sugeng rawuh (selamat datang).



  1. Sugeng Injing (selamat pagi)



  1. Ojo Nesu (jangan marah)



Mungkin itu beberapa yang bisa saya berikan ke kalian semua. Jika kalian ingn mempelajarinya, kalian bisa melihat tabel ini
 
Kalian juga bisa men-download font aksara jawa dengan mengetik “download font jawa” atau “download font aksara jawa” pada search engine.
Namun beberapa daerah juga memiliki kesamaan bunyi dalam aksaranya. Hanya saja bentuk dari aksaranya tidak sama.
Berikut ini adalah perubahan aksara dari masa ke masa 

  
Dan berikut ini daftar macam macam aksara menurut zamannya :
Zaman Klasik
Zaman Pertengahan
Zaman Kolonial
Zaman Modern

Setidaknya itulah yang saya ketahui tentang aksara asli indonesia. Semoga bermanfaat untuk kalian ya.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komentar ya :)