Rabu, 20 April 2011

Karena Cinta Tak Harus Memiliki (part 1)

Baru kali ini aku mempublikasikan cerita buatanku sendiri ke blog ini.. hehe.
Jadi maaf banget ya kalo masih jelek dan kurang bisa membawa suasana..
Gak lupa aku minta komentar kalian tentang cerita ini, jadi jangan lupa juga ya kasi komentar.. ^^
Nah, daripada lama lama, ayo kita baca nih cerita..


Karena cinta tak harus memiliki

Senja ini aku hanya bisa diam meatapi kejadian tadi pagi.. kejadian itu seolah menghancurkan sgalagalanya yang aku impikan.
Matahari terbanam di kaki lagit sebelah barat dan diselingi suara burung gagak yang menandakan datangnya malam hari. Namun aku masih terdiam di tempat ini. Tempat dimana aku dan dia biasa habiskan waktu yang indah bersama. Banyak kenangan yang tak terlupakan saat bersamanya, bahkan suaranya masih berputar di otakku. Namun, semua sudah berubah. Sekarang aku hanya bisa mengimpikannya saja dalam tidurku….

[cerita lalu]

“Hey, Ran.. !” sapa seseorang di belakangku.
“Eh, Raka..! ngagetin aja lu” kataku sembari menimpuknya dengan tasku. Namanya Raka, ia anak pengusaha di kota ini. Aku dan dia adalah sahabat semenjak aku masuk ke SMA ini. Tapi banyak yang mengia kalau kami bepacaran. Meskipun kami sudah menyangkalnya berkali kali
“Nanti jadi ngga?”
“Kemana?” tanyaku bingung.
“Yaelahh… pake lupa lagi!” Katanya sambil menggarik garuk kepala. “Nonton…” Katanya ketus.
“Iya lah..! eh, kamu olahaga ya sekarang?”
“Haha, iya. Emang kenapa?” Katanya sambil men-driblle bola basketnya.
“Lu ntar jangan capek capek. Kalo udah kambuh bisa batal! Awas lu” ancamku.
“Udah lah, tenang aja lagi”
“yaudah. Ntar pulang sekolah, kamu tunggu aku di parkiran. Nanti aku susul, Ok?!”
“Ciiieee.. yang lagi pacaran di nih.. sabar sabar, ini udah istirahat ke 2. Bntar lagi juga pulang. Hayoo.. mau malamm mingguan ya..?” Kata Dewi yang gak tau muncul dari mana. Dia adalah sahabatku sejak kenal di kelas 10, dan ia menjadi teman sebangkuku sekarang.
“Apaan sih.. gila lu ya?” tanyaku. Ia hanya menekuk mukanya.
“Ok. Ntar aku tunggu ya..!” Katanya padaku. Sembari pergi
“Woy, gue lu campain nih..?!” Protes Dewi.
“Bodo..” Katanya dari jauh.

Tak terasa bel pulang sudah bedering. Aku sudah taksabar ingin pergi menonton. Habis hifilmnya favorit banget sih. Raka sudah menunggu di parkiran dengan mobi sedannya yang berwana hitam.

“Hayo!! Nglamun aja.. kesambet lho!” Teriakku mengagetkan.
“Eh.. Apa-apaan lu sih, kaget gue..”
“Hehe.. Peace..” Jawabku sambil mengangkat 2 jari dan senyum tidak bersalah.
“Yaudah, ayo buruan. Nanti telat lagi”

Selama perjalanan, kami bercakap-cakap tentang anak anak dan pelajaran yang gak jelas maksudnya. Tak lebih dari 25 menit, kami sampai di bioskop. Kami memasuki antrian, dan tiba-tiba..

“eh, tiketnya mana ya..?” Tanya Raka
“Lho, lu yang bawa kan?”
“Tadi gue taruh kantong, mungkin ketinggalan di mobil..” Katanya panic.
“Hah? Harus balik lagi ke lantai dasar nih? Ah, gimana sih lu itu..!”
“Ya sory.. aku ambil dulu ya..!”
“Cepetan sana..!” Perintahku.

Ia berlari menuju lift. Sementara aku menunggu di antrian yang semakin mendekatkanku ke pintu masuk.

“Tiketnya mbak” Pinta seorang penarik tiket.
“Oh, bentar ya mbak. Masih diambil temen saya..” jawabku terkejut.
“Kalau begitu, tolong biarkan yang lain masuk dulu”

Aku keluar dari barisan.aku hanya menunggu Raka dengan degdegan. Malu juga di liatin orang. Sampai antrian habis, penarik tiket itupun betanya kembali ke aku.

“Bagaimana mbak, sudah ada tiketnya?”
“Belum mbak.. masih belum balik temenku..” Jawabku dengan ragu ragu..
“Sebaiknya jika mbak tidakpunya tiket, jangan nongkrong disini..” katanya mulai ketus
“Aduh, beneran mbak. Bentar lagi deh..”

Aku mencari HP yang aku taruh tasku. Tapi yang aku temukan..

“Kunci??” desisku kaget. Jangan jangan…

Aku bergegas lari ke lift dan turun ke parkiran di bawah.
Aduh aku lupa lagi mobilnya ditaruh mana.. ishh..
Eh, jangan jangan yang itu. Coba ah gue samperin, kali kal aja bener.
Aku berjalan dengan perlahan ke mobil itu. Dan benar! Itu adalah mobilnya Raka. Tapi mana dia ya? Bodo amat ah, gue buka aja mobinya.
Tapi tiba tiba aku nenendang sesuatu yang tak ramah. Apa ya? Pikirku. Aku melihat kebawah dan aku terkejut..

“Yaampun! Raka!! Kenapa jadi kaya gini sih.. udah gue bilang jangan capek capek juga..!”

***

“Kenapa mukanya ditekuk terus sih Ran..?” Tanya Dewi yang menginap di rumahku.
“Si Raka itu.. masa gak bisa pegang omongan sahabatnya sendiri. Kesel aku..”
“Emang kenapa dia?”
“Dia itu daya tahannya lemah, kalo dia kecapean bisa sakit, ato pingsan. Dan itu sudah aku ingetin berkali kali ke dia, eh,, malah dicuekin gue”. Kataku lalu mengambil bantal.
“Ehm, loe perhatian juga ya kalo gue liat liat. Pantesan aja rumor kalo kalian pacaran tuh gak bisa disangkal…” Goda Dewi.
“Eh, gue gak naksir dia tau” Jawabku sambil menimpuknya dengan bantal yang aku bawa.
“Oh, masa? Haha”
“yee.. ni anak dibilangin gak percaya. Ato kamu yang naksir dia ya,,? secara dia sahabat aku sejak SMP dulu” godaku balik.
“Hmmm.. kalo itu sih..” Gumamnya sambil berpaling dari aku.
“Eh, iya kan? Haha..! uda ambil sana, keburu telat”
“Ih.. apaan sih..! nggak ah, akut loenya nyesel ntar”
“Hah.. gak salah denger aku?” jawabku lalu tertawa “Ambil matic gue kalo gue bakal nyesel”.
“Eh..! beneran nih??”
“Yee.. kalo udah gitu aja lu semangat..” ujarku lantas tertawa.

Malam ini merupakan malam terindah untukku. Diamana aku ditemani tawa dari seorang sahabatku..

Ting tiong.. bell berbunyi. Aku bergegas datang ke pintu untuk menyambut tamu yang datang.. hmm, kira kira siapa ya?

“Eh, ternyata loe Rak.. ada apa pagi pagi kesini? Sekarang liburkan?”.
“Iya, sekarang kan hari minggu. Aku Cuma mau mina maaf atas kejadian kemarin..”
“Ohh, gapapa kok. Udah biasa” Ujarku sambil tertawa “Yuk masuk. Ada Dewi sih..”
“Wah pagi pagi kok sudah apel? Gue belum mandi nih.. haha” ucapnya ringan
“Loe gue cekik kalo gitu mulu..!” bantahku.
“Haha, meang berani?” ledeknya.
“Kok malah ributsih kalian itu.. udah ah, ayo cepetan” ujar Raka.
“Hah emang mau kemana?” tanyaku.
“Jalan jalan”
“Mmmm.. Aku diajak gak?” Tanya Dewi.
“Ya iya lah. Tapi kalo loe mau ngentang aja, ya ga aku ajak deh..”
“Eiteit, tunggu tunggu.. gue ikut lho ya..” Paksa Dewi.
“Tapi mandi dulu sana” Peintahku.
“Iya kanjeng,,” Katanya girang..

Dalam perjalanan ke kamar mandi juga ia berkata “asyik, jalan jalan,, jalan jalan,,,” bahkan mamaku juga dibuat bingung oleh sikap sahabatku yang satu itu.

“Wah,, gelangnya bagus banget” Kesan Dewi sambil meliik stan aksesori.
“Kamu mau beli?” Tanya Raka.
“Ngga mungkn Rak, dia sih Cuma suka ngeliat liat, tapi gak mau beli..” ujarku.
“Heh, nggosipin gue ya? Gue emang suka gitu,, tenang aja, gue tuh ga.. matre” Ujarnya dengan gaya jijik.
“Huu.. biasa aja kali” kata Raka sambil menyenggolnya.
“Eh, emang bener kok. Ya kan Ran? Tuh Tanya aja ma anak satu itu..”
“Idii.. males..” Jawabku.
“Ooh.. awas lu..” Katanya santai
“Kok malah pada berantem lagi.. haduh haduh..”

Akhirnya kami berhenti di food court di lantai 2 mall ini. Tapi yang namanya Dewi itu gak bisa tanpa ulah. Di sibuk merhatiin MC pameran batik di bawah. Sambil melongo dia makan sepotong pizza yang ada di depan mulutnya. Aku dan Raka memperhatikannya, Raka tak tahan menahan kegeliannya dan berniat mengagetkan Dewi.

“Woy!! Ngelamun aja” Sentaknya dari belakang.
“Astaga naga!!” ujarnya dengan kaget, namun naas, pizza yang tadinya mau ia makan malah taruh ke bawah. Aku tak bisa membendung tawaku.
“Yaahhh.. jatuh kan jadinya.. ah,, loe sih..!” Ujarnya sebal.
“Makanya, kalo makan jangan sambil bengong..”
“lagian, loe juga konsen banget ngeliatin tuh orang..” ujarku.
“Yee,, orang gue ngeliatin batik yang itu tuh, bagus,, nanti gue mau beli. Bukan MCnya..”
“Lho, yang ngomong MCnya juga siapa??” Tanya Raka.
“Hayo,, makanya kalo mau bohong tuh, dipikir dulu..” Kataku sambil tertawa. Muka Dewipun menjadi merah padam.

***

“Eh, kalian duluan aja, aku masih ada perlu” Pamit Dewi.
“Mau ngapain?” Tanyaku
“Beli kain, hehe. Gue gak bohong kan..”
“Haha, bilang aja mau ke MC itu”
“Terserah lah, bye..” Salamnya girang.
“Nanti jangan lupa pulang” Candaku.

Aku dan Raka berbincang bincang sambil menuju parkiran. Tapi disaat aku melintasi daerah yang mungkin kejatuhan pizzanya Dewi tadi, aku jadi terpeleset. Sesaat aku merasa panic, tapi rasa itu segera sirna. Raka dengan cekatan menangkapku. Ia menyangga punggungku dari samping. Sesaat, aku merasa sesuatu yang berbeda. Rasa yang tak pernah aku rasakan sebelumnya. Aku melihat tatapannya yang gugup dan wangi pafumnya. Aku menjadi canggung yang berlebihan.

“Aku melihat aksesoris, aku melihat TV datar, aku melihat hamburger yang lezat, au melihat celana dalam orang..” ujar anak kecil yang polos.

Aku mendengar ucapanya sontak langsung berdiri. Akupun menjadi salah tingkah. Aduh, ngapain jug ague tadi peke rok..! sial!!

“Ee.. kamu gak papa?” Tanya Raka yang mengagetkanku.
“Oh,, ng-nggak papa kok.. maaf ya!” ujarku terbata dan senyuman canggung yang menghias wajahku.
“Makanya, kalo jalan ati ati. Kamu sampai gak liat tulisan ‘wet floor’ itu” jelasnya sambil menunjuk papan lantai berbentuk seperti huruf ‘V’ terbalik.
“Haha, uda biasa kok..” ujarku santai, namun aku baru sadar, tak sepantasnya aku bicara seperti itu. “Mmm.. sorry..” Ujarku canggung, lebih dari yang sebelumnya.
“Yaudah, ayo kita pulang..” ajaknya sambil menggandeng tanganku.

Mengapa hatiku cenat cenut? Padahal aku merasa biasa aja sebelumnya, aku tak pernah canggung walaupun dia mengusap airmataku saat aku pernah curhat ke dia. Tapi kenapa kali ini berbeda? Apa yang salah dariku? Apakah ini..


Bersambung pada Part 2
Minggu April 24nd, 2011

4 komentar:

jangan lupa komentar ya :)