Sabtu, 07 Mei 2011

DAMPAK DARI NARKOBA

Narkoba sudah menjadi bahan pembicaraan pokok dari kalangan pemuda dan para pemerintah saat ini. Bagai mana tidak?, benda haram yang satu ini sudah banyak mencemaskan keadaan generas penerus bangsa ini. Pemerintah telah mencoba membeantas nakorkoba dengan bantuan LSM ataupun masyarakat. Dan selama ini, sudah banyak sekali pabrik maupun kegiatan penyelundupan narkoba sudah ditemukan oleh pihak bewajib untuk diproses secara hukum. Tetapi semua usaha pemerintah akan sia sia jika.



Setiap individu tidak memiliki kesadaran untuk melawan narkoba.
Benda yang menyebabkan kecanduan pada penggunanya ini sebenarnya adalah obat untuk perawatan medis sebagai obat penenang pada pasien. Namun, terdapat sebagian oang yang menyalahgunakan obat ini menjadi benda terlarang. Yang membuat parah dari kejadian ini adalah hancurnya moal para pecandu, terutama yang sanat disayangkan adalah meeka yang sudah tercandu semenjak usia dini.

Tentunya mereka mendapat dari seorang distributor yang sangat lincah dan parahnya hampi semua penduduk di muka bumi ini dapat mendapatkan nakoba denagan mudahnya dari oknum yang takbatanggung jawab itu.

Nakoba memiliki beberapa jenis, yaitu :
  1. Diaformin atau Heroin
Berbentuk sepeti kristal putih, dan tentunya menyebabkan kecanduan
  1. Ganja :
Pengguna dari ganja dapat merasakan kegembiraan yang berlebih saat menggunakanya. Hal ini juga disebut euphoria.

Dari perincian di atas, bukankah jelas bila nakoba memiliki dampak yang buruk?. Dan dampaknya bukan itu saja, beberapa dampak dari narkoba masih banyak. Seperti yang disebutkan dibawah ini.
Dampak negative dari narkoba :
  1. melakukan hal hal yang tercela dengan atau tanpa sadar
  2. menyebabkan kecanduan
  3. dapat mengurangi fungsi dari tubuh
  4. suka berhalusinasi
  5. Gangguan pada kulit dan paru paru
  6. Dapat terjangkit penyakit HIV bagi pengguna narkoba yang menggunakan media suntik
  7. gangguan mental
  8. masa depan tidak cerah
  9. menyebabkan kerusakan pada organ pada tubuh dalam jangka waktu yang lama
  10. Kematian

Namun, bukan tanpa bepikir intuk menggaet pecandu lebih banyak,, narkoba juga memiliki bentuk yang unik. Sehingga, akan menaik rasa pehatian dan penasaran bagi seseoang yang melihatnya. Bentuk bentuk itu sebenanya adalah ragam hias yang berupa wana yang menaik dan gambar icon yang dikenal masyaakat. Contohnya : kelinci, bunga dsb.
Rasa ketertarikan ini dapat diatasi dengan bebagai hal dibawah ini.
Cara menghindai narkoba :

  1. Mendekatkan diri pada Tuhan
Denagn mendekatkan diri kepada Tuhan, kemungkinan kita mendekati narkoba akan semakin kecil, bahkan tidak ada. Karena kita akan terdidik dengan benar untuk menjauhi apa yang di larangnya.

  1. Bergaul dengan teman yang tidak membawa kita kepada kejatuhan
Pergaulan adalah factor penting dalam kehidupan kita. Karena Teman dapat membimbing kita kea rah yang baik, maupun arah yang buruk. Maka, kita harus pandai memilih jalan pergaulan yang baik. Namun bukan berarti kita harus memilih-milih teman.

  1. Taat pada orang tua
Sebagai seorang anak, kita sepatutnya memenuhi perintah dan kemauan orangtua. Karena mereka telah memahami arti hidup dan apa yang haus dilakukan untuk mengisi hidup ini. Dan pembimbingan dari orang tua merupakan jalan terbaik atau metode paling baik dari semua bimbingan yang mungkin diberi dari sekolah, maupun penyuluhan di lembaga lembaga lainnya.
  1. meningkatkan kesadaran diri
Semua hal diatas tidak akan beguna apabila tidak diikuti dengan kesadaan diri yang kuat. Karena kesadaran diri akan menguatkan kita untuk tidak mencoba narkoba. Rasa kesadaran diri dapat kita bangkitkan dari hal hal kecil seerti yang ada di sekitar kita. Contoh : memikirkan usaha oangtua untuk memberi nafkah dan membiayai pendidikan kita, merasa beryukur atas apa yang kita miliki namun orang lain belum tentu mmilikinya, masa depan dan harapan diri sendiri maupun orang tua untuk menjadi oang yang sukses ataupun berhasil. Dengan memikikan hal hal tersebut, kesadaran kita akan semakin meningkat. Tentu kita tidak ingin membuat oang tua maupun diri sendiri kecewa terhadap apa yang telah kita perbuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komentar ya :)