Minggu, 08 Mei 2011

Belajar Tanpa Narkoba


“Prestasi Yes!!, Narkoba NO!!” , “Smart student no drugs” mungkin semboyan sejenis itu sudah amat sangat familiar di tenginga kita. Baik melalui sekolah, kegiatan umum maupun perkumpulan lembaga lembaga.

Narkoba sudah menjadi sesuatu yang sangat mendunia, dan sampai saat ini banyak oang yang sudah terjerat dengan kenikmatan yang bersifat sementara itu. Dapat kita saksikan di media cetak maupun elektronik yang menceritakan para artis pengguna nakoba yang akhirnya berakhir di kurungan. Tentu itu menjadi tekanan yang amat berat bagi mereka. Bukan hanya meeka adalah seseorang yang terpandang, tapi mereka juga dapat menghancurkan karir mereka. Tapi jangan kira itu hanya bisa terjadi kepada mereka yang terpandang. Sudah banyak sekali berita yang menguak kalangan pelajar menjadi pecandu narkoba dengan berbagai alasan.
Tentu berita itu sangat menyayat hati bangsa ini. Mengapa tidak?, jika para generasi baru tidak dapat mengatur hidupnya kedepan, bukan tidak mungkin Negara kita akan maju dengan perlahan. Hal itu tidak akan seimbang dengan kegiatan ekonomi yang terus maju perharinya.
Pemerintah dan kalangan LSM beserta lembaga pendidikan sudah mengupayakan untuk meminimalisir pecandu narkoba dari tahun ke tahun.
Namun usaha itu tidak akan berhasil apabila tidak muncul rasa peduli terhadap diri sendiri, masa depan dan harapan.

Cara efektif untuk menghindari narkoba sebenarnya cukup mudah. Yaitu :
  1. Menata Tujuan Hidup Sejak Dini
Tujuan hidup sangatlah penting untuk mengatur dan menjadwal apa saja yang haus dilakukan dan bagaimana cara mencapainya. Jika keinginan akan masa depan yang cerah semakin tertanam kuat di jiwa, maka narkoba akan hilang dari kehidupan kita.
  1. Mengajar Prestasi
Hal ini akan menunjang kehidupan kita untuk mencapai masadepan yang cerah. Dengan pngejaran prestasi, kita akan semakin terdidik untuk menghindari segala sesuatu yang dapat membahayakan terhadap diri kita.
  1. Mendekatkan Diri Pada Tuhan
Sudah mutlak hukumnya jika kita ingin sukses. Kita tidak akan bisa berbuat apa apa tanpa pertolongn-Nya. Sama seperti penjelasan sebelumnya, jalan ini juga dapat menjauhkan kita dai hal hal yang dilarang oleh agama dan tentunya narkoba juga termasuk.

Perlu diketahui, pecandu narkoba sudah menjangkau khayalak banyak di belahan dunia. Ironinya, pelajar di tingkat SD juga sudah ada yang pernah menggunakan narkoba. Tentu itu akan merusak masa depan yang masih panjang. Selain mereka masih beusia dini, mereka (para pecandu) juga akan tercemar nama baiknya. Hal itu juga berdampak pada nama keluarga.
Akibat dari penggunaan narkoba bisa juga mengakibatkan kemaatian!. Walaupun membutuhkan proses, tapi itu mutlak terjadi.
Tetapi bagi mereka yang sudah tercandu dan tersadar, Negara telah memiliki badan penanganan masalah nakotika. Mereka dapat memberi terapi pada mereka pengguna nakoba utntuk tidak ketergantungan  pada narkoba.

Hal itu bukan berarti kita bisa menjagakan situasi dan kondisi. Tapi alangkah baiknya jika kita bekerjasama untuk memberantas narkoba. Apapun jenisnya. Dari kegiatan kecil, maupun besar. Mungkin memberi pembelajaran dan penyuluhan d lingkungan sekita kita. Dengan begitu saja, anda sudah perduli dengan nasib bangsa ke depannya, terutama masa depan diri sendiri.
Ingatlah jika masa depan bukan ditentukan esok, lusa maupun pada waktu yang akan mendatang, namun masa depan dapat kita raih dengan usaha mulai saat ini. Dan janganlah lupa, jika ada niat, maka disitulah anda mendapakan jalan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komentar ya :)